15/01/09

Warisan Budaya Tionghoa Peranakan

Bentara Budaya Jakarta mengadakan pameran:
Pameran ”WARISAN BUDAYA TIONGHOA PERANAKAN”
Opening:
15 januari. Pk.19.30 WIB
Pameran juga dimeriahkan dgn gambang kromong: Irama Betawi

pameran utk umum berlangsung dari tgl 16-25 januari 2009

Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, entitas keturunan Tionghoa di Indonesia telah ikut memperkaya dan diperkaya kebudayaan suku-suku Indonesia lainnya. Terjadi akulturasi yang unik dan amat kaya manifestasinya pada ragam budaya bangsa Indonesia . Dapat dikatakan ekspresi budaya orang Tionghoa di berbagai pulau/ provinsi Indonesia , khususnya kaum peranakan, berbeda dan jauh lebih kaya dibandingkan dengan ekspresi budaya orang Tionghoa di Malaysia dan Singapura.

Kinilah saatnya bagi Anda semua yang berminat pada manifestasi temu/ lintas budaya yang khas ini menyaksikan untuk pertama kali di Indonesia pameran berupa artefak perabotan dan asesoris rumah tangga Tionghoa peranakan yang digunakan di bumi Indonesia antara rentang tahun 1850-1960. Pameran Warisan Budaya Tionghoa Peranakan pada tanggal 15-25 Januari 2009 ini sekaligus untuk menyambut momentum Tahun Baru Imlek 2560 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2009, diselenggarakan bersama Bentara Budaya Jakarta (BBJ) dengan Komunitas Lintas-Budaya Indonesia, sebuah perkumpulan yang bertujuan menjadi wadah interaksi antar etnis dan suku yang ada di Indonesia demi diperkokohnya nation building di Negara ini.

Pembukaan pameran hari Kamis 15 Januari 2009 pukul 19.00 akan dilakukan oleh Bapak Siswono Yudo Husodo, dan akan dimeriahkan oleh grup Gambang Kromong “IramaBetawi” serta sajian aneka jenis kuliner Peranakan. Akan diluncurkan pula buku “Peranan Tionghoa Indonesia –Sebuah Perjalanan Budaya” yang diterbitkan bersama Komunitas Lintas-Budaya Indonesia dengan majalah INTISARI.

Selama pameran berlangsung, akan adakan acara pemutaran film-film dan seminar mengenai masalah budaya/ akulturasi Tionghoa Peranakan di Indonesia.


Salam,
ika W Burhan
Bentara Budaya jakarta
Jl.Palmerah Selatan 17
jakarta 1020
(021)5483008, ext.7911

Tidak ada komentar: